Catatan Basi: antara Plagiat dan Terinspirasi

SO THE PLAGIARISM AND ‘INSPIRED BY’ WERE LIKE A TINY GLASS.

distadee ad absurdum

plagiat

Jadi, aku nggak akan bicara tentang apa itu plagiat, atau apakah itu terinspirasi. Bila kalian menuntut untuk membaca definisinya, google sudah menyediakan banyak sekali link yang akan membawa kamu lebih memahami apa itu plagiat, lalu apa itu terinspirasi, dan yang terakhir, beda istilah keduanya.

Plagiat, paling gampangnya dimengerti orang dengan pengertian meng-copy karya seseorang atau ‘meminjam’ ide orang lain dan mengakuinya sebagai milik kita sendiri. Ehem, kadang kita nggak benar-benar harus bilang keras-keras bahwa yang dipinjem itu “Hello, this is mine.” atau semacamnya. Tidak mencantumkan ‘credit’ atau asal quote itu sudah bisa masuk dalam kategori ini.

Lihat pos aslinya 1.329 kata lagi

One thought on “Catatan Basi: antara Plagiat dan Terinspirasi

  1. choi hanna berkata:

    nyun, aku pnah baca FF keren bgtz tuh. asli. truz aku lgsg ngecap authornya hebat. dy siy emang bilang kalo FF tu dari novel. ga dijelasin novelnya apa n karya siapa. aku pikir novel dy, karena emang ada beberapa typo nama. pas itu author post FF lagi, asli, FFnya kue cucur anget2. ancur bgtz. povnya ga jelas. setting waktu jg ga jelas. ga jelas smuanya. ternyata FF awal dy yg keren bgtz itu copas secopas-copasnya novel orang. cuma ganti cast aj ama setting. itupun settingnya ga detil. asli kesel bgtz. berasa ditipu

Leave your review, don't treat me like a newspaper.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s