[RIDDLE] The Detective Case

The Detective Case

An original Riddle by bapkyr (@bapkyr)

DETECTIVE CASE

AU, G, Mystery, Detective-story, Riddle, Ficlet

Starring

Ahn Jae Hyun & Kwon Yuri

[ Riddle adalah  sekumpulan kata dan kalimat yang disusun sedemikian rupa untuk menyembunyikan sebuah rahasia dan memusingkan, membingungkan, menjerumuskan, menyesatkan serta mendistorsi pikiran anda ke dalam ketidaktahuan.]

Disclaimer : i do have rights for my own plot and idea here, so thanks you are keep your good behavior for not re-post this story anywhere without my permission

.

.

Bekerja sebagai detektif tidaklah mudah. Orang-orang gemar sekali menganggap remeh pekerjaanku ini akibat mulai banyaknya drama-drama yang beredar di televisi.

Ketika aku mengatakan tidak mudah, maka bukti yang paling nyata adalah hari ini. Aku dan seorang rekan wanitaku tengah menangani sebuah kasus yang diduga sebagai pembunuhan. Korbannya adalah seorang lelaki paruh baya yang kaya-raya. Perkiraan kematian sekitar jam enam atau tujuh malam, yang berarti tiga jam yang lalu.

Lelaki tersebut ditemukan terbujur kaku di atas kasurnya dengan sebuah belati kecil yang menancap tepat menembus selimut, kemudian lurus ke jantungnya. Tidak ada bukti, tidak ada saksi. Lelaki paruh baya ini memiliki seorang anak yang pada saat kejadian sedang berada di luar rumah. Selain anak, ia juga tinggal dengan dua orang pembantu, satu orang tukang kebun dan seorang supir.

Lima orang yang berada satu rumah dengan korban, memiliki alibi di saat kejadian.

Kejadian ini membuat aku dan rekan wanitaku kebingungan menganalisa. Benar-benar kasus yang rumit.

“Dan sesulit apa kasusmu kali ini hingga kau membatalkan janji makan malam kita, Oppa?” Seorang wanita menghampiriku. Tidak, ini bukan rekan kerjaku. Namanya Yuri dan dia adalah kekasihku. Yuri memang suka sekali memberikan kejutan dan salah satunya adalah sekarang. Kejutan kali ini adalah kehadirannya di tempat yang harusnya dikelilingi garis polisi ini. Yah, aku tidak perlu lama terheran-heran, aku sering lupa kalau Yuri adalah detektif juga.

“Diduga pembunuhan, tidak ada bukti dan tidak ada saksi. Lima orang yang berada paling dekat dengan korban, memiliki alibi. Kau bisa menyimpulkan sendiri sepelik apa kasus kali ini bukan?”

Yuri terkekeh. Maniknya memandangi lurus pada tanda pengenal yang tergantung di bajuku. Oh, aku sangat bangga akan tanda pengenal ini karena lambang kepolisian negara yang terpampang di atas namaku, Ahn Jaehyun.

“Boleh aku tahu alibi mereka, Oppa? Siapa tahu aku bisa membantu.” Ujarnya kemudian. Aku mengatupkan bibirku segera. Mulutku refleks selalu terbuka lebar kala aku melihat paras Yuri yang jelita, dan aku tidak bisa disalahkan untuk hal ini. Yuri memang bidadari.

“Pada saat kejadian, Anak korban diketahui sedang berbelanja di pusat perbelanjaan tengah kota, pembantu A izin pergi ke swalayan terdekat, pembantu B tengah berada di dapur—memasak, tukang kebun tertidur di kamarnya, sedangkan supir korban sedang mengantar anak korban berbelanja.”

“Apa kau bisa buktikan alibi mereka benar?”

“Alibi supir dan anak korban sangat kuat, merekalah yang pertama kali menemukan jasad ayahnya di dalam kamar. Barang belanjaan adalah bukti mereka. Alibi pembantu A juga kuat, ada barang-barang dari swalayan yang dibawanya dan diberikan kepada pembantu B yang tengah memasak. Sepanci kecil santan, sepanci besar sup kimchi dan beberapa kudapan yang masih hangat pada saat aku datang, adalah bukti bahwa kedua pembantu memang sedang sibuk bekerja.”

“Bagaimana dengan tukang kebun?”

“Itu juga baru kubuktikan alibinya. Ada saliva basah yang memang baru saja terjatuh di atas bantal dalam kamarnya, itu bukti bahwa ia memang tertidur saat jam-jam kejadian. Sulit bukan?”

Yuri terkekeh, “tidak ada yang sulit jika kau mau bekerja ekstra keras. Sekarang, tunjukkan aku alat bukti alibi mereka.”

Aku sempat menolak, namun Yuri memaksa. Akhirnya kuberikan dia foto-foto alat bukti pada saat aku datang tiga jam yang lalu. Foto yang kutunjukkan adalah barang-barang belanjaan; sepatu, baju dan sekotak parsel yang dibeli oleh anak korban dan sang supir, kemudian foto santan yang menggumpal-gumpal dalam panci milik pembantu B, foto bantal putih yang ditiduri tukang kebun, serta foto belanjaan; sayur-mayur, bumbu dapur dan sepasang sandal karet dari swalayan milik pembantu A.

Yuri termenung sejenak.

“Kau kenapa?” Tanyaku.

“Kau yakin ini kasus yang sulit?”

“Ya. Memangnya kau tidak merasa seperti itu?”

“Ini mudah, Oppa.”

“Mudah? Ayolah realistik!”

“Kau yang harusnya realistik. Nah, sekarang kau bisa menutup kasus ini. Segera kumpulkan lima orang tersebut, sebab aku sudah tahu siapa pelakunya.”

Aku kebingungan. Aku butuh jawaban. Tapi Yuri sudah berjalan mendahuluiku, memerintahkan bawahanku, tim forensik dan lima orang tersangka berkumpul di tengah ruangan.

Oh!

Kali ini aku kalah cepat lagi dengan analisis Yuri.

.

.

fin


 

My Lounge :

Halo!

Lama sekali saya tidak bersua dengan penghuni BPFT lewat FF Kwon Yuri aku ya. Mungkin sudah lewat 3 atau 4 bulan saya absen dari dunia fangirling over Kwon Yuri. Yah, semuanya, silakan salahkan saja B.A.P yang kerap mencuri waktu senggang aku (Untunglah serangkaian konser mereka sudah selesai semua jadi bisa balik lagi ke Yuri sementara B.A.P istirahat)

Dan yesh, aku membawa kisah Ahn Jaehyun dan Kwon Yuri kali ini.

Kalian ingat soal polling yang aku adakan bulan Juni kemarin? yesh, vote tertinggi cast wanita itu Yuri dan cast pria dipegang oleh Ahn Jaehyun (Bagi yang gatau Ahn Jaehyun, itu lho yang jadi adiknya Cheon Song Yi di drama You Who Came From The Stars, dan sekarang dia sedang memainkan peran sebagai si ganteng Park Tae Ill di dramanya Lee Seung Gi dan Go Ara, You Are All Surrounded.)

Nah untuk lagu inspirasinya sendiri, vote terbanyak digenggam oleh B.A.P – Where are you? What are you doing? Dan yesh, aku akhirnya sedang menggarap FF satu ini. Nah, karena FF-nya belum jadi, maka dari itu aku suguhkan Riddle kali ini yang mendapuk pasangan Jaehyun sama Yuri, itung-itung pemanasan.

Buat yang bertanya kenapa endingnya aneh gitu, inilah tugas kalian. Karena Riddle dalam bahasa Indonesia itu artinya teka-teki, kalian diminta untuk menuliskan analisis kalian soal siapa pelaku yang dicurigai sama Yuri di kolom komentar. Kalian sertakan alasan, atau mungkin feeling kalian aja. Nah, nanti komentar kalian akan kubalas satu per satu untuk menjelaskan siapa pelakunya. (Ini semacam teka-teki di serial Detective Conan ya hihihi)

Gimana seru kan?

Nah, untuk itu, silakan serbu kolom komentar dan tuangkan analisis kalian dengan informasi yang sudah kupaparkan dalam cerita. Selamat berimajinasi dan mengasah otak!🙂

Salam,

Nyun

69 thoughts on “[RIDDLE] The Detective Case

  1. chy23 berkata:

    Oke, karena petunjuknya kurang atau memang saya gak bakat dalam menganalisa😄 haha menurutku 4 org bisa jadi si pembunuh.
    Si anak dan supir. Menemukan pertama kali si mayat bisa jadi karena merekalah yang membunuhnya. Apalagi mereka habis berbelanja di pusat kota. Bisa saja si anak jg membeli belati kecil kan? Tapi, saya segera menepis mengingat tubuh korban telah kaku dan diperkirakan mati 3 jam yang lalu.
    Si tukang kebun. Ayolah, korban mati 3 jam yang lalu, dia masih punya 3 jam untuk tidur dan menurutku jika kita tidur dengan saliva keluar dari mulut kita, itu pertanda kita sedang kelelahan. Jadi, bisa saja dia mungkin kelelahan setelah membunuh korban?
    Pembantu B juga bisa. Karena dia paling dekat dengan alat yang dipakai membunuh, yaitu belati kecil. Belati itu pisau kan kak? Pisau biasanya ada di dapur kan? Memasak sup atau makanan sebagainya bisa saja tidak membutuhkan waktu lebih dari 3 jam. Jadi, bisa saja dia membunuh dulu lalu memasak.
    Pembantu A, cuman dia satu-satunya yang menurutku alibinya paling kuat hehe jadi dia bebas dari tuduhanku😄

    Tapi, tersangka yang paling kuat adalah si tukang kebun haha menurut analisisku gitu. Karena Yuri juga terkekeh setelah mendengar alibi si tukang kebun dari Jaehyun. Jadi, bisa aja dia sudah menangkap sesuatu yang aneh bahkan sebelum dia melihat foto bantal itu😄 haha

    Sekian dari aku kak😄 mohon maaf jika salah lagi hehe ^^ yg penting aku sudah serius loh berpikirnya kak😄

    Bikin lagi yo kak hehe biar melatih sedikit otak yang emang lagi jarang dipakai karena gak sekolah😄

    Satu lagi, ini keren dan lagi lagi susah ditebak😄

    • chy23 berkata:

      Aduh salah kak haha😄 aku kira dia terbunuh 3 jam yang lalu😄 ternyata Jaehyunnya yang datang 3 jam yang lalu😄 maaf maaf ^^ 3 jam yg lalunya dihilangkan saja ya haha😄 lagian kalau udah terbujur kaku juga kan bisa aja sudah mati berjam-jam yg lalu hehe maaf yoo😄

    • bapkyr berkata:

      Halo halo!
      Terima kasih atas analisisnya dan aku setuju sama analisis satu per satu tersangka di dalam rincian yang kamu paparkan. Namun agaknya kamu sedikit terkecoh sama jebakan yang sengaja aku buat di dalam cerita ini. Diketahui bahwa waktu kematian adalah sekitar jam enam atau tujuh malam, dan pada saat Jae Hyun bercerita di sini, diketahui bahwa jam -jam tersebut adalah tiga jam yang lalu, artinya latar belakang Jaehyun bercerita adalah sekitar jam sembilan atau sepuluh malam. Mungkin, kamu terkecoh di sini. Kamu menganggap karena kejadiannya sudah 3 jam yang lalu, maka kamu mencurigai saliva basah, dan masakan yang masih panas setelah tiga jam?
      Yang terjadi sebenarnya adalah, Jaehyun datang tepat ketika waktu perkiraan kematian. Yaitu jam enam atau jam tujuh, bisa dibuktikan dari kalimat di alinea-alinea terakhir “Akhirnya kuberikan dia foto-foto alat bukti pada saat aku datang tiga jam yang lalu”, Ini berarti anak korban dan supir datang di waktu kejadian waktu ayahnya emang bener-bener masih menggelepar abis ditusuk, dia langsung menghubungi bantuan polisi makanya Ahn Jaehyun datang tepat waktu. Wajar jika saat itu masakan masih panas dan si tukang kebun masih tidur, artinya bukankah pas banget jam tujuh atau enam malam itu mereka memang sedang beraktivitas? Agaknya sulit membuktikan kalau mereka adalah pelaku sedangkan tidak ada bukti apapun di sekitarnya. Pun, yang ditunjukkan Jaehyun pada Yuri adalah alat bukti berupa foto tepat ketika Jaehyun datang ke TKP, saliva basah itu tepat di ambil gambarnya setelah polisi datang dan kemungkinann pada saat itu tukang kebun juga baru bangun. Foto belanjaan dan masakan yang masih hangat pun diambil segera setelah Jaehyun datang ke TKP, dan kemungkinan pada saat Jaehyun datang dua orang tsb memang baru selesai memasak sehingga masakannya hangat. Lalu supir dan anak korban, itu alibinya paling kuat karena mereka emang bener-bener baru pulang, kalau ada keraguan bisa dibuktikan dengan CCTV di mall tempat mereka berbelanja.
      Nah,
      Tapi yang perlu digaris bawahi adalah :
      Santan yang masih hangat dan menggumpal.
      Nonsense. Santan yang masih hangat tidak akan pernah menggumpal. Dan sebagai informasi, pembuatan santan itu tidak pernah bisa ditinggal. Santan harus dimasak dengan api kecil sementara harus diaduk terus menerus agar teksturnya lembut dan tidak mudah menggumpal kemudian pecah. Santan yang selama proses masaknya tidak diaduk sedemikian rupa, hasil akhirnya akan tidak bagus. Selain menggumpal, juga akan lebih mudah basi.
      Karena ada fakta bahwa santan menggumpal, artinya sang pembantu yang memasak itu tidak mengaduk-aduknya selama proses masak. Yuri mencurigai sang pembantu ini. Masak sup dan kimchi bisa ditinggal, tapi masak santan adalah yang terlama dan tidak bisa ditinggal. Karena santannya hasilnya jelek, ada kemungkinan bahwa pembantu itu sempat pergi meninggalkan masakannya. Didukung juga dengan bukti kuat bahwa di rumah tersebut hanya dialah satu-satunya yang beraktivitas di dalam rumah. (meski ada tukang kebun, tapi dia tidur. Ada pembantu A, tapi dia lagi ke swalayan)
      Lalu belati yang dipakai, belati tersebut bisa ditemukan di dapur, di tempat pembantu B beraktivitas. Kemudian semuanya masuk akal, maka kecurigaan yang paling besar memang terjatuh di Pembantu B.
      Kurang lebih analisanya seperti itu.
      Semoga membantu menambah pengetahuan ya!
      Thanks for coming🙂

      • chy23 berkata:

        Bukannya apa ya kak hehe tebakan awal juga udah yakin sama pembantu B, tapi gatau kenapa nih otak malah yakinin lagi ke tukang kebun haha setidaknya tebakan awal benar😄 meskipun tebakan kedua salah abes haha😄 alhamdulillah seneng sih tebakan awal benar. Cuman, dari segi alasan aku kurang tepat. Tebakan awalku mengatakan pembantu B karena emang dia paling dekat dgn yg namanya belati😄
        Buat lagi yo kak ^^ alhamdulillah dapat pengetahuan lagi hihi

  2. yurimyblog berkata:

    Kalo aku sih mikirnya yang b kalo enggak yang tukang kebunnya deh kaknyun, tapi belum tentu juga bener, secara riddle gitu wkwkw.
    Soalnya makanan pembantu b itu masih anget pas rombongan polisinya dateng, terus fotonya itu isinya santen yang masih di masak, padahal harusnya udah jadi kan makanannya. Soalnya perkiraan kematian kan udah tiga jam yang lalu.
    Atau mungkin tukang kebunnya, harusnya saliva dibantalnya udah kering dong kalo kejadiannya sejak tiga jam yang lalu, nah tapi itu masih basah.
    Tapi gak tau juga sih kak, semua jawaban ada ditangan kaknyun, aku cuma memberi pendapatku hehe😄 pokoknya ditunggu jawabannyaaa, cepet balesnya ya kaknyuuun😀

    • bapkyr berkata:

      Halo!
      Tebakan kamu soal Pembantu B itu benar lho! /selamat/
      Halo halo!
      Terima kasih atas analisisnya. Namun agaknya kamu sedikit terkecoh sama jebakan yang sengaja aku buat di dalam cerita ini. Diketahui bahwa waktu kematian adalah sekitar jam enam atau tujuh malam, dan pada saat Jae Hyun bercerita di sini, diketahui bahwa jam -jam tersebut adalah tiga jam yang lalu, artinya latar belakang Jaehyun bercerita adalah sekitar jam sembilan atau sepuluh malam. Mungkin, kamu terkecoh di sini. Kamu menganggap karena kejadiannya sudah 3 jam yang lalu, maka kamu mencurigai saliva basah, dan masakan yang masih panas setelah tiga jam?
      Yang terjadi sebenarnya adalah, Jaehyun datang tepat ketika waktu perkiraan kematian. Yaitu jam enam atau jam tujuh, bisa dibuktikan dari kalimat di alinea-alinea terakhir “Akhirnya kuberikan dia foto-foto alat bukti pada saat aku datang tiga jam yang lalu”, Ini berarti anak korban dan supir datang di waktu kejadian waktu ayahnya emang bener-bener masih menggelepar abis ditusuk, dia langsung menghubungi bantuan polisi makanya Ahn Jaehyun datang tepat waktu. Wajar jika saat itu masakan masih panas dan si tukang kebun masih tidur, artinya bukankah pas banget jam tujuh atau enam malam itu mereka memang sedang beraktivitas? Agaknya sulit membuktikan kalau mereka adalah pelaku sedangkan tidak ada bukti apapun di sekitarnya. Pun, yang ditunjukkan Jaehyun pada Yuri adalah alat bukti berupa foto tepat ketika Jaehyun datang ke TKP, saliva basah itu tepat di ambil gambarnya setelah polisi datang dan kemungkinann pada saat itu tukang kebun juga baru bangun. Foto belanjaan dan masakan yang masih hangat pun diambil segera setelah Jaehyun datang ke TKP, dan kemungkinan pada saat Jaehyun datang dua orang tsb memang baru selesai memasak sehingga masakannya hangat. Lalu supir dan anak korban, itu alibinya paling kuat karena mereka emang bener-bener baru pulang, kalau ada keraguan bisa dibuktikan dengan CCTV di mall tempat mereka berbelanja.
      Nah,
      Tapi yang perlu digaris bawahi adalah :
      Santan yang masih hangat dan menggumpal.
      Nonsense. Santan yang masih hangat tidak akan pernah menggumpal. Dan sebagai informasi, pembuatan santan itu tidak pernah bisa ditinggal. Santan harus dimasak dengan api kecil sementara harus diaduk terus menerus agar teksturnya lembut dan tidak mudah menggumpal kemudian pecah. Santan yang selama proses masaknya tidak diaduk sedemikian rupa, hasil akhirnya akan tidak bagus. Selain menggumpal, juga akan lebih mudah basi.
      Karena ada fakta bahwa santan menggumpal, artinya sang pembantu yang memasak itu tidak mengaduk-aduknya selama proses masak. Yuri mencurigai sang pembantu ini. Masak sup dan kimchi bisa ditinggal, tapi masak santan adalah yang terlama dan tidak bisa ditinggal. Karena santannya hasilnya jelek, ada kemungkinan bahwa pembantu itu sempat pergi meninggalkan masakannya. Didukung juga dengan bukti kuat bahwa di rumah tersebut hanya dialah satu-satunya yang beraktivitas di dalam rumah. (meski ada tukang kebun, tapi dia tidur. Ada pembantu A, tapi dia lagi ke swalayan)
      Lalu belati yang dipakai, belati tersebut bisa ditemukan di dapur, di tempat pembantu B beraktivitas. Kemudian semuanya masuk akal, maka kecurigaan yang paling besar memang terjatuh di Pembantu B.
      Kurang lebih analisanya seperti itu.
      Semoga membantu menambah pengetahuan ya!
      Thanks for coming🙂

  3. tsukiyamarisa berkata:

    OKAY I’M COMING!!!
    seperti kataku di twitter tadi, jawabanku adalah pembantu B (dan mungkin A juga ikutan)
    alasannya, eum…. kan pembantu A itu ke swalayan beli bahan2 untuk masak (sayur dan bumbu dapur) yang senangkepku sih kanyun, kalo dari kalimat ini: ada barang-barang dari swalayan yang dibawanya dan diberikan kepada pembantu B yang tengah memasak; logika ngawurku (?) sih si pembantu B ga mungkin masak dong ya selama bahan yang buat dimasak belom dateng…. which is mean, di saat pembantu A belanja itu, si pembantu B punya waktu buat ngebunuh korbannya begitu…
    dan ini juga yang bikin si pembantu A dipertanyakan (?) apakah belanja itu sengaja jadi alibi dia buat beli bahan masakan biar ga dicurigai, atau apakah si pembantu B sengaja nyuruh pembantu A belanja biar nggak ada saksi mata pas dia ngebunuh majikannya ((krn si tukang kebun tidur dan si anak sama supir lagi belanja))
    dan lagi, waktu jaehyun dateng kan santannya masih menggumpal, jadi masuk akal kan kalo dia semacam di tengah masak dan keburu-buru masak karena dia habis bunuh si korban? /sotoyabis/

    ya begitulah tebakan saya kanyun, kalo salah mohon jangan ditertawakan karena diri ini penggemar film detektif tapi kalo suruh nebak bodor abis -__-

    see ya kanyun!😀

    • bapkyr berkata:

      halo Amer
      Perlu kuucapkan bahwa yesh tebakan kamu soal Pembantu B itu benar sekali. Tapi tahukah kamu alasan sebenarnya yang membuat kecurigaan Yuri meningkat?
      Tapi sebelumnya Terima kasih atas analisisnya. Namun agaknya kamu sedikit terkecoh sama jebakan yang sengaja aku buat di dalam cerita ini. Diketahui bahwa waktu kematian adalah sekitar jam enam atau tujuh malam, dan pada saat Jae Hyun bercerita di sini, diketahui bahwa jam -jam tersebut adalah tiga jam yang lalu, artinya latar belakang Jaehyun bercerita adalah sekitar jam sembilan atau sepuluh malam. Mungkin, kamu terkecoh di sini. Kamu menganggap karena kejadiannya sudah 3 jam yang lalu, maka kamu mencurigai saliva basah, dan masakan yang masih panas setelah tiga jam?
      Yang terjadi sebenarnya adalah, Jaehyun datang tepat ketika waktu perkiraan kematian. Yaitu jam enam atau jam tujuh, bisa dibuktikan dari kalimat di alinea-alinea terakhir “Akhirnya kuberikan dia foto-foto alat bukti pada saat aku datang tiga jam yang lalu”, Ini berarti anak korban dan supir datang di waktu kejadian waktu ayahnya emang bener-bener masih menggelepar abis ditusuk, dia langsung menghubungi bantuan polisi makanya Ahn Jaehyun datang tepat waktu. Wajar jika saat itu masakan masih panas dan si tukang kebun masih tidur, artinya bukankah pas banget jam tujuh atau enam malam itu mereka memang sedang beraktivitas? Agaknya sulit membuktikan kalau mereka adalah pelaku sedangkan tidak ada bukti apapun di sekitarnya. Pun, yang ditunjukkan Jaehyun pada Yuri adalah alat bukti berupa foto tepat ketika Jaehyun datang ke TKP, saliva basah itu tepat di ambil gambarnya setelah polisi datang dan kemungkinann pada saat itu tukang kebun juga baru bangun. Foto belanjaan dan masakan yang masih hangat pun diambil segera setelah Jaehyun datang ke TKP, dan kemungkinan pada saat Jaehyun datang dua orang tsb memang baru selesai memasak sehingga masakannya hangat. Lalu supir dan anak korban, itu alibinya paling kuat karena mereka emang bener-bener baru pulang, kalau ada keraguan bisa dibuktikan dengan CCTV di mall tempat mereka berbelanja.
      Nah,
      Tapi yang perlu digaris bawahi adalah :
      Santan yang masih hangat dan menggumpal.
      Nonsense. Santan yang masih hangat tidak akan pernah menggumpal. Dan sebagai informasi, pembuatan santan itu tidak pernah bisa ditinggal. Santan harus dimasak dengan api kecil sementara harus diaduk terus menerus agar teksturnya lembut dan tidak mudah menggumpal kemudian pecah. Santan yang selama proses masaknya tidak diaduk sedemikian rupa, hasil akhirnya akan tidak bagus. Selain menggumpal, juga akan lebih mudah basi.
      Karena ada fakta bahwa santan menggumpal, artinya sang pembantu yang memasak itu tidak mengaduk-aduknya selama proses masak. Yuri mencurigai sang pembantu ini. Masak sup dan kimchi bisa ditinggal, tapi masak santan adalah yang terlama dan tidak bisa ditinggal. Karena santannya hasilnya jelek, ada kemungkinan bahwa pembantu itu sempat pergi meninggalkan masakannya. Didukung juga dengan bukti kuat bahwa di rumah tersebut hanya dialah satu-satunya yang beraktivitas di dalam rumah. (meski ada tukang kebun, tapi dia tidur. Ada pembantu A, tapi dia lagi ke swalayan)
      Lalu belati yang dipakai, belati tersebut bisa ditemukan di dapur, di tempat pembantu B beraktivitas. Kemudian semuanya masuk akal, maka kecurigaan yang paling besar memang terjatuh di Pembantu B.
      Kurang lebih analisanya seperti itu.
      Makasih Amer udah baca dan ikut menganalisis!
      Love,
      Nyun

  4. dita berkata:

    uda baca berkali kali susah dpt jawabannya :((
    tapi menurut ku ni ya kak kek nya dia bunuh diri deh/g-_-
    atau gak pembantu A kan dia ijin mau ke swalayan mngkin aja dia ijin ke swalayan karna takut ketauan kalo dia yg bunuh/? jdi dia kabur deh wktu udah ditemukan bosnya mati baru dia balik/? dan aku yakin kalau jawaban ku ini pasti salah muehehehe

    • bapkyr berkata:

      Tidak kok, ini bukan bunuh diri. Jika bunuh diri, dia gak perlu repot-repot menusukkan diri dengan berbalut selimut terlebih dahulu kan? Bukankah akan lebih gampang jika selimutnya dilepas dahulu kemudian dia menusuk dirinya sendiri tepat di jantung?

      Jawaban yang paling tepat dan mendekati dengan kenyataan dan fakta ada di atas, silakan scroll ya🙂
      Makasih udah baca🙂

  5. yayu hani destriani berkata:

    OK kanyun saya mau bilang kalo saya baca ini disaat keadaan mata saya tinggal 10 watt (?) jadi jangan nanya siapa yang ngebunuh ntu bapak” karna yang sekarang otak aku pikiran adalah bantal sama selimut wkwkw -_-
    *plakk #ngeles bilang aja gatau jawabannya😀
    tapi menurut aku sih tukang kebun ‘_’)/ *ngaco

    • bapkyr berkata:

      Hahaha jawaban kamu sedikit meleset,
      nah, untuk jawaban yang paling mendekati kebenaran sudah kupaparkan di atas. Silakan scroll up ya🙂
      Makasih udah berpartisipasi membaca dan menjawab!

  6. yayu hani destriani berkata:

    OK kanyun saya mau bilang kalo saya baca ini disaat keadaan mata saya tinggal 10 watt (?) jadi jangan nanya siapa yang ngebunuh ntu bapak” karna yang sekarang otak aku pikiran adalah bantal sama selimut wkwkw -_-
    *plakk #ngeles bilang aja gatau jawabannya😀
    tapi menurut aku sih tukang kebun ‘_’)/ *ngaco.

  7. Ima berkata:

    Hai eonni~ *mulaisksd
    yaa gapapalah, biar akrab. kayaknya sejak aku komen-komen ria di ‘the sorcerer’s diary’, aku belum pernah memperkenalkan diri secara layak (?). maafkan daku ^^
    Halo aku Ima/Ruru, 97line.
    ini ceritanya seru abis. dan sebenernya ini bukan pertama kalinya aku baca riddle eonni, tapi baru berani komen sekarang,, maafkan daku lagi yaa *nunduk-nunduk
    kali ini aku mau mencoba menjawab teka-teki yang gak tau kenapa kok susah banget ya dijawabnya. mungkin otak saya yang mulai tumpul karena udah lama gak belajar *gaknyambung *abaikan
    menurutku pelakunya itu pembantu A atau gak tukang kebun. alasannya, pembantu A kan pergi ke swalayan terdekat, gak mungkin dong sampe menghabiskan waktu kira-kira 3 jam, dan aku curiganya itu waktu si Ahn Jaehyun -mybabylovely- ngasih liat ke Yuri foto sendal karet yang dipake si pembantu A. kayaknya di sendal itu ada ‘something’ yang bikin Yuri langsung ngeh siapa pelakunya. dan alasan kedua, Jaehyun datang 3 tiga jam setelah pembunuhan, sedangkan dijelaskan kalo saliva yang dibantal tukang kebun terlihat baru menetes. berarti kan sebenarnya tukang kebun tidak tidur ketika jam-jam kejadian. tapi tidur beberapa saat sebelum Jaehyun datang.
    nah itu tebakan dan alasanku yang super absurd.. kkeke~
    aku cuma berpendapat yaa, jadi jangan dimarahin ya kalo salah *siapajugayangmaumarahin o,o
    Tapi eonni ada yang masih membuatku ganjil, di akhir-akhir cerita kan Jaehyun bilang mau ngumpulin bawahnya, tim forensik dan lima orang tersangka. nah maksudnya ‘tersangka’ itu jangan-jangan mereka semua pembunuhnya.
    maaf ya eonni kalo komennya kepanjangan *mintamaafmulu hehe
    akhir kata,, Keep writing !!!

    • bapkyr berkata:

      halo Ruru!
      Salamkenal ya!
      tidak apa-apa kok, selama ada niat baik untuk komen, aku apresiasi kerja keras kamu🙂
      Sejujurnya aku meletakkan beberapa jebakan yang membuat pembaca akan berpikir demikian. Sandal jepit adalah salah satu jebakanku yang membuat pembca berpikir “lho ke swalayan ngapain beli sandal jepit, mencurigakan” tapi sebenarnya tidak seperti itu. Mungkin saja si pembantu A memang butuh sandal itu.
      Kecurigaan jatuh pada pembantu B.
      Mari kita simak rincian kejadiannya
      Aku senang sekali sama analisa kamu. Namun agaknya kamu sedikit terkecoh sama jebakan yang sengaja aku buat di dalam cerita ini. Diketahui bahwa waktu kematian adalah sekitar jam enam atau tujuh malam, dan pada saat Jae Hyun bercerita di sini, diketahui bahwa jam -jam tersebut adalah tiga jam yang lalu, artinya latar belakang Jaehyun bercerita adalah sekitar jam sembilan atau sepuluh malam. Mungkin, kamu terkecoh di sini. Kamu menganggap karena kejadiannya sudah 3 jam yang lalu, maka kamu mencurigai saliva basah, dan masakan yang masih panas setelah tiga jam?
      Yang terjadi sebenarnya adalah, Jaehyun datang tepat ketika waktu perkiraan kematian. Yaitu jam enam atau jam tujuh, bisa dibuktikan dari kalimat di alinea-alinea terakhir “Akhirnya kuberikan dia foto-foto alat bukti pada saat aku datang tiga jam yang lalu”, Ini berarti anak korban dan supir datang di waktu kejadian waktu ayahnya emang bener-bener masih menggelepar abis ditusuk, dia langsung menghubungi bantuan polisi makanya Ahn Jaehyun datang tepat waktu. Wajar jika saat itu masakan masih panas dan si tukang kebun masih tidur, artinya bukankah pas banget jam tujuh atau enam malam itu mereka memang sedang beraktivitas? Agaknya sulit membuktikan kalau mereka adalah pelaku sedangkan tidak ada bukti apapun di sekitarnya. Pun, yang ditunjukkan Jaehyun pada Yuri adalah alat bukti berupa foto tepat ketika Jaehyun datang ke TKP, saliva basah itu tepat di ambil gambarnya setelah polisi datang dan kemungkinann pada saat itu tukang kebun juga baru bangun. Foto belanjaan dan masakan yang masih hangat pun diambil segera setelah Jaehyun datang ke TKP, dan kemungkinan pada saat Jaehyun datang dua orang tsb memang baru selesai memasak sehingga masakannya hangat. Lalu supir dan anak korban, itu alibinya paling kuat karena mereka emang bener-bener baru pulang, kalau ada keraguan bisa dibuktikan dengan CCTV di mall tempat mereka berbelanja.
      Nah,
      Tapi yang perlu digaris bawahi adalah :
      Santan yang masih hangat dan menggumpal.
      Nonsense. Santan yang masih hangat tidak akan pernah menggumpal. Dan sebagai informasi, pembuatan santan itu tidak pernah bisa ditinggal. Santan harus dimasak dengan api kecil sementara harus diaduk terus menerus agar teksturnya lembut dan tidak mudah menggumpal kemudian pecah. Santan yang selama proses masaknya tidak diaduk sedemikian rupa, hasil akhirnya akan tidak bagus. Selain menggumpal, juga akan lebih mudah basi.
      Karena ada fakta bahwa santan menggumpal, artinya sang pembantu yang memasak itu tidak mengaduk-aduknya selama proses masak. Yuri mencurigai sang pembantu ini. Masak sup dan kimchi bisa ditinggal, tapi masak santan adalah yang terlama dan tidak bisa ditinggal. Karena santannya hasilnya jelek, ada kemungkinan bahwa pembantu itu sempat pergi meninggalkan masakannya. Didukung juga dengan bukti kuat bahwa di rumah tersebut hanya dialah satu-satunya yang beraktivitas di dalam rumah. (meski ada tukang kebun, tapi dia tidur. Ada pembantu A, tapi dia lagi ke swalayan)
      Lalu belati yang dipakai, belati tersebut bisa ditemukan di dapur, di tempat pembantu B beraktivitas. Kemudian semuanya masuk akal, maka kecurigaan yang paling besar memang terjatuh di Pembantu B.
      Kurang lebih analisanya seperti itu.
      Semoga membantu menambah pengetahuan ya!
      Makasih❤

  8. 한늘앟 ~ berkata:

    Eonni aku baca ini sebagai penghantar tidur, aku lagi sakit loh padahal /curcol/ intinya deh aku bingung kalo di suruh mikir kayak gini hehe, tapi pas baca komentar yg lainnya pembantu B kuat jg tuh jadi tersangkanya, masuk diakal si. Jaehyun datang setelah tiga jam dan masakannya masih panas berarti baru mateng dong masakannya, masa masak aja ampe 3jaman, lama bener kek bikin rendang aja. Jadi aku rasa, dia masak pas akhir akhir jaehyun mau dateng, so sebelum dia masak dan jaehyun datang bisa jadikan dia ngebunuh majikannya._.
    udah ah bulan puasa gaboleh su’uzon jg wkwk, maaf ya pembantu B eonni yg nyuruh wakak
    yuk mari dikasih tau siapa pelakunya eon, wkwk…

    • bapkyr berkata:

      Wah semoga lekas sembuh ya!
      Betul betul, tebakan kamu memang betul kok. Dan alhamduLILLAH ini bukan suuzon kok HAHAHA
      Untuk penjelasan detail silakan scroll up ya, sudah aku paparkan semuanya🙂
      Thanks for coming!

  9. Ji berkata:

    Kak nyun, belum ada balasan darimu siapa readers dengan jawaban yang benar? Aduh, ini Ji nganalisanya rempong –” hati-hati dan takut kesleo lagi(?)
    Sial. Kenapa alibinya pada gak masuk di akal juga ya? Mereka semua bisa jadi tersangka lho, toh waktu 3 jam ckup lama bukan untuk mengarang alibi-alibi mereka. Informasi yang kak Nyun kasih sedikit sekali -,- jangan pelit deh kak /eh
    Dan hey,belati? itu sejenis celurit(?) bukan sih kak?😄 Yang mengganjal itu pas bagian
    “Itu juga baru kubuktikan alibinya. Ada saliva basah yang memang baru saja terjatuh di atas bantal dalam kamarnya, itu bukti bahwa ia memang tertidur saat jam-jam kejadian. Sulit bukan?”
    dari kata “baru saja terjatuh di atas bantal..”
    entahlah, analisa Ji terlalu berlari-lari entah kemana saja hahah

    • bapkyr berkata:

      Halo Ji!
      Sepertinya dugaan kamu meleset sedikit, bener-bener sangat sedikit. Mungkin karena kamu kejeblos dalam jebakan kalimat yang aku buat di dalam cerita.
      Nah karena ada beberapa komentar yang sudah kubalas dengan paparan kronologis kejadian, silakan scroll up yang untuk menjawab rasa penasaran kamu
      Makasih udah berpartisipasi dalam membaca dan menganalisa!
      Salam
      Nyun

  10. tha_elfsone berkata:

    Aq sebenernya juga bingung nyun siapa pelaku pembunuhannya..tapi bisa mungkin pembantu yg sedang masak karna kan masak bisa d tinggal sebentar..hmmm tapi bisa juga tukang kebun karena kejadian ini sudah sekitar 3 jam yg lalu tapi bukti alibi nya dia masih baru..mngkin aja hbis bunuh dia bisa tidur kan..hmmm sebenernya g tau juga siih siapa yg membunuh sebenarnya… -_-
    Ini ff bikin aq penasaran nyun… ^^

    • bapkyr berkata:

      Halo halo, tebakan kamu hampir mendekati kebenaran. dan iya, pembantu B yang memang sangat dicurigai dalam case ini.
      Untuk penjelasan detail silakan scroll up ya🙂
      sudah aku paparkan detail alibi mereka yang dipatahkan sama analisi Yuri🙂
      Thanks udah baca

  11. Yuri rahmamalika berkata:

    5 orang jadi tersangka
    bisa jd anaknya dah kerja sama sama semua pembantu.habis membunuh mereka baru melakukan kegiatan spt belanja,masak.dan tidur😀

    • bapkyr berkata:

      Wah, kebetulan hanya satu orang kak yang jadi tersangka kuat.
      Nah, untuk penjelasan kaka bisa scroll up kak, aku udah jelaskan sedetail mungkin.
      Semoga menambah pengetahuan ya kak
      salam,
      Nyun

  12. yardannimeisya berkata:

    Emm… Gatau kenapa, mungkin karena otak yang udah berdebu selama liburan ini, aku bener bener gatau siapa jawabannya aaaa >< tapi menurut aku pembantu yang A sih.
    Gaada alesan yang pasti tapi feeling aja hehe.
    Seru kaknyun , harus ngasah otak bgt kalo baca beginian haha^^ Fight buat next ff nya kaknyun^^

    • bapkyr berkata:

      Hahaha, halo!
      Makasih udah mencoba memecahkan case ini. Jawaban yang paling tepat sudah kupaparkan di atas. Silakan mencoba baca kembali ya.
      Thanks udah baca

  13. Dewi (Kwon Yul Yul) berkata:

    Aduhh.. Apa yah ? Lagi mikir keras nih kak nyun, tapi tetep aja kaga ketemu jawabannya, mm kalo menurut aku sih , si pembantu B deh, kan kalo si jae hyun dateng 3 jam setelahnya, dan asap makanan masih mengepul, berarti tuh masakan baru , sedangkan kalo masakan udah 3 jam seharusnya udah dingin dong.. Tapi gak tau juga deh, cuma bisa garuk kepala doang kalo baca riddlenya kak nyun, hebat benerr!!

    • bapkyr berkata:

      Betul
      jawaban kamu memang betul. Tapi agaknya alasan kamu agak kurang tepat sedikit.
      Untuk jawaban dan pemaparan lengkap, bisa scroll up ke komen komen di atas ya, udah ada beberapa yang aku jawab kok.
      Makasih udah membaca🙂

  14. kimikakyuri berkata:

    Yang bunuh si bapak itu salah satu dari ke 5 orang itu ,, tapi bisa juga bukan dari ke 5 orang itu .. Kan di saat kejadian pembunuhan ke 5 orang itu sedang sibuk dengan kegiatan masing2 ..

    Entahlah kanyun masih belum bisa ke tebak .. Bunuh diri kali dia ,, frustasi ,, depresi ..😀 lol ..

    • bapkyr berkata:

      Hahahaha
      tidak mau lama lama membuat orang penasaran, jawabannya sudah aku paparkan dalam kolom komentar pada pembaca di atas, silakan scroll up untuk menuntaskan dan mencocokan jawaban kamu🙂
      Thanks for reading

  15. jathy berkata:

    okeh kak nyun, aku bingung sendiri. tapi kemungkinan yang ngebunuh adalah pembantu B. kenapa? karena 3 jam lalu pan pembantu A lagi kepasar, jadi pembantu B ngak punya kerjaan. kan masaknya harus nunggu pembantu A pulang dulu. jadi pada saat itu, kemungkinan besar pembantu B membunuh si juragan /?
    otak saya memang suka ngawur kak

    • bapkyr berkata:

      Halo Jathy!
      Sekarang kamu sudah bisa lihat jawaban yang tepat jika kamu scroll up ke komen komen sebelumnya. Ada beberapa yang sudah kujelaskan di atas dan yesh, tebakan kamu memang benar hanya saja analisisnya saja yang kurang tepat
      Terima kasih sudah baca
      Nyun

  16. viayamada berkata:

    ini hasil analisa absurdku sebelim menemukan sesuatu diakhir fic kakak;

    pembunuhnya adalah tukang kebun alasannya? Karena aku berpikir kalau tukang kebun itu memiliki alibi yang kurang kuat. Bantalnya ada saliva disana tapi kalo dia tertidur 3 jam yang lalu seharusnya salivanya udah kering dong kak?
    bisa juga pembantu A alasannya? Karena aku merasa ada sesuatu di sandal yg dibeli sama pembantu A
    atay pembantu B? Soalnya ketika si pembantu A beli bahan masakkan bisa aja kan kalo pembantu B itu membunuh terlebih dahulu?
    pembantu A dan B berkomplot/? membunuh alasannya? Kalo pembantu A pergi ke swalayan mungkin cuman membutuhkan waktu sedikit sedangkan ketika Jaehyun datang itu makanan baru selesai itu artinya B dan A menghabiskan waktu yang banyak buat masak dan aku berpikir itu sedikit gak mungkin jadi aku verpikir kalo mereka membunuh bersama setelah A datang dari swalayan

    tp diakhir Jaehyun bilang ‘5 tersangka’ itu artinya ke5 org itu tp aku gk ngerti bagaimana menganalisanya xD

    sekian.

    • viayamada berkata:

      yaampin sebenarnya komentarnya udh aku tulis sejak 1 jam yg lalu tp lupa gk aku klik ‘kirim komentar’ dan malah ribut sama tab lainnya jd baru kekirim skrg dech. Udah dijawab sm kakak rupanya :3

  17. beninglaras berkata:

    Aarrgh, knp ohh knp?! Lg2 aku telat baca..😥 tp yg bikin aku senang adalah jwbanku skrg trnyt beneerr!! Dan aku g ngintip jwban di komen loh kanyun.. cm analisaku g sepenuhny tepat sih..

    Dr awal aku emang curiga antara 2 org, pembantu b sm tukang kebun.. krn 2org itu yg lg melakukan aktivitas didlm rmh.. pembantu b lg masak di dapur, dimana senjata tajam yg dijadiin alat pembunuhan kmngknan sblmny tersimpan dsna.. dan walaupun aku g segitu telitiny sm santan yg menggumpal tp aku tau klo masak itu bs ditinggal sbntr asal api dikecilkan.. jd saat jaehyun datang, masakanny msh panas..
    Klo mslh tukang kebun, bs aj kan abis dia membunuh trus dia pura2 tdr.. jd sbnrny tukang kebun itu g bnr2 tdr, dia sadar.. nah air liurny mngkn bukan krn dia tertidur nyenyak, tp ad keadaan fisik dmn saat adrenalin qta meningkat, strees berlebih, sehabis melakukan pekerjaan berat atau kodisi yg dipengaruhi faktor psikis tertentu maka air liur qta akan produksi berlebih.. makany sambil pura2 tdr krn tkt perbuatanny ketauan secara g sadar tukang kebun itu mengeluaran air liur di bantal.. dan itu bs jd penolong dia krn bukti itu menjauhkan dia dr dftr tersangka.. pdhl belum tentu..

    Tp trnyt jwbanny adalah pembantu b, krn yaa diliat dr santan itu.. emang klo msk santan g boleh ditinggal.. Krn dia melakukan pembunuhan, jd santan yg lg dimasak g diaduk secara berkala.. makany menggumpal.. seperti yg aku blg diatas, aku g seteliti itu sm santanny.. huhuu..

    Pokoqny jwbanku nyerempet2 bnr lah yaa.. hahaha #maksa
    Okee dtunggu ff lainny kanyuun.. skrg aku mau baca ff yuri yg sm iguk itu.. thanks for amazing ff nya yaa.. bnr2 tekateki iniih.. sampe headache.. @_@

    Regards,
    Laras

  18. Luluu berkata:

    Kaknyun~~~~ keren deh! Aku duku suka maen riddle online tp pas liat ini jujur aku bingung.. menurut aku yang mungkin jawabannya pembatu a dan b. Analisis nya begini : ayah meninggal 3 jam yang lalu. Jaehyun dateng ada santan kimchi dan kudapan lainnya yg masih hangat, tapi foto buktinya malah ga sesuai : santan menggumpal artinya udah didinginin, trus foto sayur sayuran dan bumbu dapur. Pertanyaannya : kalo masakan udah jadidan hangat pas jaehyun dtg, kok di foto masih ada foto sayur sama bumbu dapurnya? Kapan masaknya? 3 jam yang lalu kah? Lagi pula klo dimasak at least lbih dr 3 jam yang lalu, kok masih hangat? Makanan ditinggal sejam aja biasanya udah dingin. Jadi kesimpulannya : pembantu a dan b bekerjasama. Hehehehe..
    sekian~ aku suka deh teka teki begini~ penasaran sama jawabannya juga sih;p aku blm smpet baca riddle kaknyun yg laintapi ;A; akan aku baca begitu aku sempet hehe.. keep writing kaknyun~ ga sabar nunggu “where are you? What are you doing?” Hehe.. semoga chapter~ ga juga gpp sih, aku suka smw cerita kaknyun kok😄 apalagi klo cast nya kwonyuri :3
    kaknyun semangat ya!! Hwaiting~~

  19. liliknisa berkata:

    ternyata bener pembunuhnya si pembantu b
    aku bingung ngasi tau alibinya
    tapi aku ikutin kata hati aja wkwkwk

  20. Cynthia berkata:

    Hehehhhehe.. Maaf aq g ada analisis krn aq baru bca ffx skr dan udh liat2 dikomentar hasilx hehhehehe..
    Ff kyk gini perlu dibuat trs eonni br bs ngasah otak.. Hehehe..
    Dtgu ff selanjutx😀

  21. mellinw berkata:

    Aku nebak si pembantu B kak yang masak didapur itu lho yang bunuh dia ..

    Soalnya dia adalah satu-satunya yg tggal drumah dalam keadaan sadar (kalo si tukang kebun kan molor tuh) hhahaa ..
    Yang lainnya kan pd dluar rumah smua .. (Dan aku sih pengennya coba kk jelasin kamar si korban , di lantai dua kah .. Atau jendelannya di tralis kah haha) ..

    Knapa aku pilih si pembantu yg masak .. Karena hm .. Di bukti kan itu santan menggumpal2 tuh, sedangkan kayaknya ada yg lucu gtu pas si jaehyun baru ngerasain hangatnya masakan belakangan setelah kejadian kan ..

    Ya akusih mikirnya juga , masak bisa ditinggal sejenak . Idup matiin kompor kan ga butuh waktu lama hhahaa :3

    Ya smoga bener deh . Tapiii kaaaak .. Aku penasaran banget
    Dan kaget kok udh ‘fin’ aja . Haha taunya reader dsuruh main tebak2an tho hahaa

  22. mellinw berkata:

    Trnyata bener analisa aku horrrreeee \m/ ..
    Aku buka ff kakak udh lumayan lama kak , kemarin apa gmana ya .. Cuma aku belum smpet baca ffnya . Tapi udh aku buka .. Baru tadi pagi aku baca ffnya hahahaha dan aku liat di kolom komentar belum ada reply kk tuh hahahaa .. Pas komen aku udh jadi , baru deh keliatan balasan dr kaknyun di kolom komen yang lain hahahhahahaaaa ..

  23. Stella Kim berkata:

    ah kaknyun jadi sering bikin riddle ahaha.’

    Daripada riddles sebelumnya, yang ini agak lebih gampang sih menurut aku /sombong ahaha/

    Seharusnya sih yang bunuh itu pembantu b. Alibi dia cuma lagi masak doang kan? Dia masak dengan bahan-bahan yang dibeli pembantu a kan. Jadi selama pembantu a belanja ke swalayan, tukang kebun tidur, sopir+anak korban shopping keluar seharusnya dia bebas buat melakukan apa aja tanpa diketahui orang lain(secara tukang kebunnya tidur)

    nah setelah pembantu a pulang, pembantu b bisa dong pura-pura ngapain gitu sambil nunggu pembantu a belanja.

    kalau pembantu a yang bunuh, susah dong, kan ada pembantu b yang lagi masak, seengaknya dia kan sadar(ga kayak tukang kebunnya tidur haha).

    Bener gak kaknyun?

  24. gita berkata:

    aku bingung kaakkkkk…

    cerita kk emang oenuh dgn mistery ahh..
    but i like it so much: *
    fighting kaknyun!!!

  25. Tetta Andira berkata:

    hello Nyun-chan! Lg jatuh cinta banget sama riddle yaa? Kaka nemu riddle melulu nih dr kamu. Bt enak jg trnyata baca’x .. Penuh teka-teki, jd kudu mikir .. Skalian ngasah otak lah yaa ..
    Bt brhubung ini kaka telat banget baca’x, & dikarenakan lg males mikir (?) kaka cuma ikut alur crta + ngeliat jwbn trbenar dr kamu xD maap yee ..
    Yaudah, sekian dr kaka. Wassalaam.

  26. kwon heirin berkata:

    aku baca komentar2nya sdah terjawab. haha. aku gak bisa nebak misteri2 gitu. seneng ngebacanya aja dan menikmatinya. karena kalo aku nebak, salah terus. hehehe.

  27. liliknisa berkata:

    ah ternyata pembunuhnya pembantu b
    aku pikir sih juga gitu. ga nyaka bener
    semangat kak nyun bikin cerita kaya gini lagi ^_^

  28. Lida berkata:

    Aku sih ngeduganya dari awal si pembantu b soalnya berasa aneh aja sama kata” “Santan yang menggumpal” trus juga cuman dia yang masih beraktivitas di rumah tersebut

  29. Bintang Virgo berkata:

    Huh…
    sepertinya yang membunuh menurut analisaku adalah pembantu B…
    Soalnya hanya dia yang beraktivitas di rumah itu selama beberapa jam terakhir….
    tapi tentang bukti yang memberatkannya aku ga tau sih/Mungkin analisaku salah 😦

    Tapi kak tetap menulis fic kayak gini biar bisa bikin otak berdenyut setelah berlibur dan mengosongkan pikiran
    Bisa sebagai pemanasan sebelum sekolah…….
    Kak Nyun Jjang

  30. Put berkata:

    hi, can I call you nyun? since Im sure Im still older than you, hehe.
    been following your riddle series, found your work on indofanfickpop, im not good with guessing, but i really enjoy the way you create those riddles, keep it up you really have done a great job, hehehe.
    ijin masukin ini ke list ya. :))

    • bapkyr berkata:

      Halo Kak Put (?) nyun 92liner is in da house (dan ini emang betulan kaka older than me?)
      Thanks a lot ♥ ive been coming twice to ur site and really thankful my riddles are in the list thanks lho kak.
      isi blog kaka TMD penuh dengan EXO hehehe (ketauan udah ngintip) dan pas liat faved masterlist kak aku udah kayak yang o.O ebuset di sana ternyata ff keren keren semua dan takjub aku sama kaka yang bener bener getol banget bikin list (aku padahal mah bikin tapi tak terealisasi juga hiks)
      Sipsip kak.
      Makasih banyak sudah berkunjung ke blog aku ♥ dan makasih juga udah apresiase riddles aku
      Love yaa

  31. nabila tauhida berkata:

    Klo menurutku sih kak yg bunuh itu antara Pembantu B ato tukang kebun yg tdr, klo pembantu B sebabnya bisa ajakan waktu di bunuh itu org masakannya ditinggalin, apalg ada santannya, santan itu kan bisa di tinggalin/ pas dia selesai ngebunuh itu org dia lgsg masak, klo tukang kebun bisa aja di bunuh tu org trus bantal nya kan ada ilernya jd itu bantal bsa aja di ludahin. Sekian dan terima kasih

  32. kyungsica berkata:

    Yaaaah aku salah, aku udah nebak kalo pembunuhnya si pembantu A #lagunya got7 dong? #plakk #abaikan soalnya aku ngira itu sayuran kan baru beli jam 6/7 malem jadi udah layu (harusnya) eh tapi aku baru ngeh kalo aku lagi ngelindur pas aku baca komen komen yang lain hahaha. hwaiting kaknyun mau lagi dong ff nya hehe

  33. countessha berkata:

    menurut analisaku disini, pembantu B adalah tersangka nomor 1. soalnya, cuma dia satu-satunya orang yang sedang beraktivitas di rumah karena dia lagi memasak santan. tapi, disitu diceritakan kalau santan menggumpal. nah, santan kalau dimasak harus terus di aduk dan enggak boleh di biarkan. nah, kalau santan menggumpal berarti si pembantu b ini sempat atau mungkin meninggalkan masakannya sembari ia membunuh si majikannya. bener enggak analisis aku ini kak nyun? ya mudah-mudahan bener.

  34. Indah berkata:

    Aku bener-bener gak bisa nebak siapa pelakunya. Tapi setelah baca komen-komen di atas jadi tahu deh. Ternyata pelakunya si pembantu B. Ini ff hebat dan keren banget menurutku. Penuh misteri.

  35. SSY_ELF berkata:

    aku curiga sama sopir dan pembantu B…. dan setelah baca comment2 diatas ternyata pelakunya pembantu B bukan sopir :v iya sih aku bingungnya sama santan yang menggumpal, tapi karena dia juga masak yang lain dan masakannya masih hangat, aku terkecoh :3
    riddle yang keren eonni!!!!

    • bapkyr berkata:

      Halo restu. Makasih udah baca soal permintaan password buat vibrance silakan langsung follow @bapkyr aku udah baca mention tapi ga bisa aku deem passwordnya karena kamu belom follow.

  36. NIZA berkata:

    wowwww… ff.y bgus bnget, jdi ska… ini bsa bkin kta u/ brpikir kras dn psti.y tliti
    d tnggu ff yg lain.y, hwaiting!!!!!

  37. Rani berkata:

    unnie keren bgt analisis’a..aku ga berpikir sampe kesitu..brarti pembantu B yg sgt di curigai sbagi pembunuh’a…di tunggu ff2 sperti ini lg eon..seruu..di ajak berpikir..

  38. Anonym berkata:

    Aku udah baca diatas dan ternyata yang bunuh itu pembantu B ya? Hahaha dari penjelasan kaknyun aku baru tau kalo masak santan itu kalo gabener jadi menggumpal /keliatangapernahmasak/ hahaha😀 nice riddle kak🙂

  39. afifahcaku berkata:

    setelah baca ff ini..
    cuma fokus sama castnya.. suka deh yuri sama ahn jaehyun
    selain sama castnya ga tahu kenapa fokus sama kata ‘menggumpal’
    setelah membaca balasan kak nyun..oh itu alasannya..hehe

Leave your review, don't treat me like a newspaper.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s